Pages

Sunday 22 December 2013

Field Trip Sosum

Kita bahas mengenai field tripnya dulu ya. Menurut beberapa informasi yang aku dapetin, field trip merupakan suatu kegiatan pembelajaran atau penelitian yang diberikan kepada para siswa yang dilakukan diluar lingkungan yang biasa untuk mengkaji masalah yang sesuai dengan materi yang sedang dipelajari. Atau simpelnya field trip itu bisa dibilang study tour.

Nah sekarang bagian ceritanya ya,
jadi, di semester pertama ini aku dapet mata kuliah Sosum (Sosiologi Umum), Dimata kuliah ini dalam seminngu aku harus kuliah dan responsi. Kalo jadwal kuliah, materi disampein sama dosen langsung, kita cuma disuruh memperhatikan dan ga pernah dapet tugas apapun kecuali bertanya. Tapi, kalo jadwalnya responsi, materi disampein sama kaka asprak (asisten praktikum) dan seringnya sih kita cuma diskusi sama persentasi, tapi di akhir pertemuan pasti aspraknya langsung ngasih tugas berupa analisis dan resume atau tugas kelompok gitu. ini nyebelin!

Entah apa motivasi dan tujuan asprakku serta keistimewaan BAB yang satu ini (baca: Pola Adaptasi Ekologi), sehingga tercetuskan untuk dilakukannya field trip. Dan dijadwalkanlah field trip itu di hari minggu (22/12/2013), tempatnya di KRB (Kebun Raya Bogor), dengan anggota anak kelas Q04.2 (kelasku) dan kelas S01 yang aspraknya itu cewenya asprak kelasku. Iya ceweknya!!

Tepat di hari minggu/tadi pagi, jam 6.00 pagi aku udah disuruh kumpul di tempat naek angkot, dan kalian tau berapa jaraknya dari asrama ku? Sekitar 1 kilometer! Iya 1 kilometer!! dan yang lebih parahnya lagi, tadi pagi itu disini diguyur hujan. Lengkap lah sudah kenikmatan pagi tadi :)

Sampe disana kita berkompetisi antar kelas dengan sistem games, sesi pertama kita maen kucing-kucingan, terus sesi kedua kita disuruh nyari contoh yang sesuai dengan determinasi dan posibilisme lingkungan di sekitar KRB. Pas dikompetisi yang kedua itu, kita kan di pencar tuh buat nyari contohnya, dan setelah beberapa menit kemudian hujan pun kembali mengguyur kota ini, ya kami kehujanan di jalan yang kanan kirinya cuma ada pokon gede. Parahnya lagi kita tuh ga ada yang bawa payung, alhasil hujan-hujanan lah yang kami dapatkan :|

cewe-cewe Q04.2


depan cafe de daunan

Pas udah selesai, aku sama temen-temen balik ke tempat asal. Berhubung keadaan hujan, kita kumpul di musola. Disitu kita ngobrol, nonton film kelas bareng, macem-macem deh pokoknya. Dan itu buat aku sangat berharga, karena biasanya kalo di kelas kita itu ga pernah bisa ngobrol bareng, semua orang terlalu serius dan sibuk dengan dunianya masing-masing.

Dari field trip ini, emang sih ga bikin aku jadi ngerti sama materi yang asprakku sampaikan, aku juga masih ga paham apa yang harus aku golongkan kedalam determinisme atau posibilisme. Tapi ada satu pelajaran yang bisa aku petik, pelajaran hidup tentang indahnya kebersamaan, tentang bahagianya hidup bersama, bukan hidup "individualisme" yang membosankan. :)

"Kebahagiaan bisa kita dapatkan di tempat yang indah, tetapi dengan 'kebersamaan' tempat apapun akan membawa kebahagiaan yang melebihi kebahagiaan-kebahagiaan lain yang aku dapatkan di dunia ini" 

No comments:

Post a Comment

"Itulah alakadarnya postingan si pemilik blog ini, gimana kesannya? pasti bingung ya saking anehnya. Terimakasih sudah merelakan mata anda untuk sekedar melihatnya :)"