Pages

Sunday 9 March 2014

Pendidikan oh Pendidikan!!



Sebagai manusia, sejatinya kita emang disuruh (kerennya: diperintahkan) buat belajar dan mempelajara seisi bumi ini. Ini perintah dari yang udah nyiptain kita loh! Maka dari itu, seiring berjalannya waktu berdiri lah lembaga-lembaga yang membantu kita agar lebih mudah dalam proses belajar. Proses pembelajaran itu yang kita kenal sebagai pendidikan.


Salah satu lembaga pendidikan yang paling banyak dibentuk itu ya sekolah. Tapi ga tau kenapa, yang aku amati sekolah itu malah banyak bikin orang males belajar. Ya mungkin bukan sekolahnya si, tapi lebih ke cara pembelajaran yang diberlakukan di sekolahan itu. Bayangin aja, dari SD, SMP, SMA sampe Perguruan Tinggi, kita dipaksa buat nguasain pelajaran-pelajaran susunan manusia yang ga kita sukai.

Yang paling nyebelin sih bukan masalah banyaknya pelajaran yang harus dikuasai sebenernya, tapi tuntutan nilai yang harus kita dapetin dari ujiannya itu loh. Bayangin aja setiap semester kita harus dapet nilai gede di semua pelajaran kalo kita mau aman dan ga ngulang. Padahal jelas-jelas perintah dari Sang Pencipta aja tuh cuma belajar bukan ujian!

aaaaaaaaaaaa besok ujian!!!

Pernah denger pelajar frustasi? pasti sering kan? Keliatan jelas kan, betapa hebatnya tekanan yang telah para pelajar terima dari sistem pendidikan ini. Coba aja kalo sekolah itu ga ngadain ujian, sekolah cuma memfasilitasi kita buat belajar, memberikan segala macam pelajaran yang sudah ditemukan, tapi siswa tidak diberi tekanan buat dapetin nilai yang bagus. Siswa cuma perlu tau semua pelajaran itu dan isi-isinya. Aku yakin belajar akan lebih menyenangkan dan tingkat bunuh diri pelajar juga bakalan berkurang.

Ya emang sih ujian itu penting buat ngukur kemampuan kita, tapi kan percuma juga kalo dapet nilai ujian bagus karena udah mati-matian belajar, eh taunya setahun/sebulan/seminggu/sehari setelah ujian itu kita lupa lagi semua pelajaran itu. Coba kalo tanpa tekanan, mungkin pelajaran-pelajaran itu ga cepet kita lupain soalnya kita belajar bukan cuma buat ujian aja, tapi karena kita mau.

Padahal, nantinya juga nilai yang dipertimbangin buat pekerjaan itu cuma beberapa sesuai bagian yang dilamarnya aja. Kenapa ga ujiannya itu diadain pas kita mau ngelamar pekerjaan aja sesuai sama bidangnya, jadi kita bisa lebih memprioritaskan pelajaran dibidang tersebut tanpa terbebani harus dapat nilai bagus juga dipelajaran yang lain.

Semoga kedepannya sistem pendidikan bakalan lebih berkembang dengan baik, lebih terarah, lebih menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi pelaku-pelakunya, dan lebih tepat sasaran.

*tulisan ini cuma bentuk pikiran liar penulis yang lelah dengan sistem yang sedang berlaku, mungkin kesalahan terselip disetiap kata, tapi inilah aku*

18 comments:

  1. tapi dipikir dulu deh dengan watak orang indonesia.
    kalo ga dikasih ujian mana mau pada belajar?

    menurut gue sih, itu balik ke diri masing-masing aja.
    kalo mau sukses ya harus belajar.
    ujian bagi orang yang sudah belajar tidak akan terasa sulit jika belajarnya dengan sungguh-sungguh.

    main-main yak. http://manapganteng.blogspot.com/ follow juga

    btw, tulisan ini kekecilan >> *tulisan ini cuma bentuk pikiran liar penulis yang lelah dengan sistem yang sedang berlaku, mungkin kesalahan terselip disetiap kata, tapi inilah aku*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya tapi percuma toh kalo ujung-ujungnya pelajaran itu cuma buat dilupain gitu aja, ingetnya pas mau ujian doang :D
      oke ke tkp deh (y)
      itu emang sengaja seperti itu ko :D

      Delete
  2. Awalnya males belajar, ntar kalo dapet nilai jelek pada nyesel gak belajar-pelajar Indonesia- :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kan patokannya nilai lagi,haha -pelajar indonesia- :D

      Delete
  3. gue juga selalu mikir, kenapa kebanyakan pelajar sekolah cuma nyarinya nilai bukan ilmunya. tau gitu gue pindah aja ke Finlandia yang sistem pendidikannya terbaik di dunia :v

    ReplyDelete
  4. Iya sih, hari ini ujian dapet bagus. Tapi besok-besok palingan udah lupa lagi -_-
    Semoga bisa lebih baik deh. Amin.

    ReplyDelete
  5. setuju. apalagi ujian nasional, kita sudah berjuang belajar selama tiga tahun dan hasilnya hanya ditentuin lewat 3 hari doang-_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ga jelas banget apa maksudnya, padahal pas kuliah ngambil jurusannya komunikasi misalnya, ilang ingatan deh langsung apa yang udah dipelajarin selama 3 tahun~

      Delete
  6. Hahaha untungnya orang tua gue ngga terlalu strict sama yang namanya nilai. Jadi gue ngga terlalu mentingin nilai. Karena terkadang, nilai belum tentu sama dengan kualitas. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. orangtua aku juga engga ko, tapi tetep aja ujian itu bikin setres haha
      setuju deh sama kamu =))

      Delete
  7. Semoga kakak menjadi menteri pendidikan atau badan-badan yang berwenang mengenai pendidikan. Kenapa? karena usulan kakak super sekali. :D

    ReplyDelete
  8. Paling ngenes itu kalo kitanya yang udah bener-bener belajar tapi ujung-ujungnya kalah nilai sama yang nggak bener-bener belajar dan cuma ngandelin semacem contekan. Kenapa semua harus diukur dengan nilai alias hitam putih? Yaudah sih mau gimana lagi emang udah begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya bener, rasanya syalala tralala trilili ya -_-

      Delete
  9. Tulisannya bagus, kalo ngomongin pendidikan coba deh liat cara si anak minat kemana,menurut gue pribadi sih albert einstein itu jenius karna dia fokus sama pelajaran tertentu aja tapi coba kalo disuruh ke pelajaran olahraga mungkin?pasti ada minusnya juga kok. Jadi disini niatnya pemimpin negara sih baik ngadain ujian sekolah biar pelajar termotivasi belajarnya tapi coba aja ada solusi buat kasih pilihan bidang studi yg pelajar tekuni dan ga pindah2 dari SD sampe kuliah pasti bakal inget terus kok pelajarannya soalnya bisa karna terbiasa tanpa ujianpun sudah pasti mereka kompeten dibidangnya masing2 dan pemerintah harus siap untuk menyediakan lapangan kerja untuk masing2 jurusan yang sama di bidang pekerjaan yg sama nantinya ditempat kerja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini maksudnya, keren banget deh komentarnya semoga aja kita bisa jadi pelopor menuju "seperti ini" haha :D

      Delete

"Itulah alakadarnya postingan si pemilik blog ini, gimana kesannya? pasti bingung ya saking anehnya. Terimakasih sudah merelakan mata anda untuk sekedar melihatnya :)"